Photoshop : Cara Membuat Komik

1. Membuat Background.
Tahan tombol [Ctrl] dan tekan secara berturut-turut [A], [C],dan [N] pilih ’Lab color’ kemudian [Ctrl]+[V].
Melalui palet ‘Channels’ aktifkan hanya ‘Lighness’.
Pilih [image] [Mode] [Greyscale] kemudian simpan dengan format Photoshop.


2. Menyamakan Nada Warna.
Pindah ke foto asli dan buka palet ‘layer’ . pada layer background ‘klik kanan’ pilih ‘Duplicate layer’. Ketikkan ‘Hue’.
Pilih [filter] [artistic] [poster edges], beri nilai ‘0’ untuk ‘Edge thickness’ dan ‘Edge Intensity’. Beri nilai ‘1’ untuk ‘poterization’. Kemudian jalankan [filter] [artistic] [cutout] klik ‘ok’.


3. Mewarnai Seperti Poster.
Duplikasi latar belakang dan namai dengan ‘Color’, kemudian pindahkan ke atas. Kemudian pilih [Filter] [Noise] [Dust & Scrathes]. Tetapkan ‘radius’ pada ‘10’ dan ‘Treshold’ pada ‘0’. Melalui menu [Image] [Adjustments] [Hue/Saturation], Beri nilai ‘80’ untuk ‘Saturation’ dan ‘50’ untuk ‘Lighness’.


4. Menghitamkan Bayangan.
Duplicate kembali latar belakang dan namai dengan ‘shadow’ lalu pindahkan ke paling atas. Pilih ‘Multiply’ dari drop-down list pada palet layer.
Pilih [image] [Adjustments] [Threshold] dan beri nilai ‘25’.
Kemudian buka menu [Filter] [Stylze] [Diffuse] dan aktifkan [Anisotropic].


5. Membackup detail.
Duplikcate kembali latar belakang dan namai dengan ‘Details’ dan pindahkan ke paling atas kemudian pilih kembali ‘Multiply’. Tekan tombol [D] untuk me-reset warna latar depan dan belakang. Kemudian jalankan [filter] [Sketch] [Photocopy]. Kemudian beri nilai ‘12’ untuk ‘Details’ dan ‘15’ untuk Darkness’.
Kemudian jalankan [image] [Adjustments] [Threshold] dan berikan nilai ‘100’.
Bila masih banyak distorsi, pilih [Filter] [Stylize] [Diffuse] dan pilih Anisotropic.


6. Membuat Garis Bayangan.
Buat Layer baru tanpa Duplicate, beri nama ‘Stripes’. Buka [edit] [Fill] dan pilih ‘50% Gray’ untuk ‘contents’. Pilih ‘Normal’ untuk ‘Blending mode’ dan beri nilai ‘100’ untuk ‘opacity’.
Kemudian pilih [filter] [Sketch] [Halftone Pattern] beri nilai ‘2’ untuk ‘size’ dan ‘25’ untuk ‘contras’. Pilih ‘line’ untuk ‘pattern type’. Kemudian pilih [Filter] [Distort] [Displace], beri nilai ‘2’ dan ‘5’ untuk ‘Horizontal dan Vertical’. Aktifkan ‘Tile’ untuk ‘Displacement map’.
Sekarang jalankan [Filter] [Blur] [Gaussian Blur] dan pilih ‘2’ untuk ‘Radius’. Pilih [image] [Adjustment] [Threshold] dan beri nilai ‘120’. Seperti sebelumnya gunakan [Filter] [Stylize] [Diffuse] dan pilih ‘Anisotropic’. Dalam palet layers, pilih ‘Multiply’. Pindah ke mode masking dengan menekan tombol [Q] dan tambahkan layar background dengan menekan tombol [Ctrl] + [V]. Buka [filter] [Blur] [Smart Blur] beri nilai 6 untuk ‘Radius’. Kemudian tinggalkan mode masking dengan menekan tombol [Q].
Kemudian cerahkan dengan [Layer] [Layer Mask] [Hide Selection]. Sekali lagi pilih [image]
[Adjustments] [Threshold] pilih level antara [200-225]



7. Mengoreksi Warna.

Buat layer baru dan beri nama ‘warna kulit’ dan pilih ‘color’ pada palet layers. Klik ganda pada ‘setforeground color’ dalam palet Tools’. Dalam dialog ‘colom picker’ pilih ‘color libraries’. Warna tipikal sebagai warna tokoh komik adalah ‘TOYO Color Finde’.


Beresss
Photoshop : Cara Membuat Komik Photoshop : Cara Membuat Komik Reviewed by Atom on 09.24 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Komen donk ^^

Diberdayakan oleh Blogger.